Ponorogo Komunitas Online

Berita Zone => Ponorogo Berita Terkini => Layanan Informasi Publik => Topik dimulai oleh: wongbagoes pada April 19, 2008, 12:05:40 pm

Judul: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: wongbagoes pada April 19, 2008, 12:05:40 pm
Sedulur punya cerita pembuatan & perpanjangan SIM????


Kutip
Kulo awali rumiyen...

Cerita ini ketika untuk pertama kalinya saya punya SIM (tahun 2005). Waktu itu saya sendirian ke Polres dan gak tau prosedur pembuatan SIM seperti apa. Yah, pokoe wani. Pertama datang di loket untuk minta formulir, juga ga tau SIMnya A/b/C yawis langsung wae ngomong SIM buat naek motor, trus bayar sekitar 70an rbu...Cuman bawa 50 ribu thok, dan akhirnya keluar dari polres pinjem duit...

Abis dari loket langsung ke bag kesehatan, trus di kasih surat sehata bayar 5rbu...nah, dari sini disuruh ikut test tulis (loh ko ada test2an segala). Yawad akhirnya ikut aja test tulis eh distu ternyata udah banyak yg ikut test. datang paling akhir tapi keluar plg cepet...

Pak silopnya bilang km lulus, silahkan nemui pak "***"(lupa) untuk ikut test praktek. pas ketemu petugas yg bagian tes praktek, nyaranin ujian senin aja coz itu hr sabtu n hanya sendirian. namun, akhire dateng 5 orang yg ikut tes...

dan di test praktek hanya kulo sendiri ingkang lulus,... dan lainnya gagal semua... Namun, meskipun gitu ternyata juga ada yg ikut poto. Eh, ternyata di bayar uang pelicin ke petugass... Owww ternyata, meskipun ada yg sesuai prosedur ternya yg ilegal pun ada... dan selain itu juga saat itu ada yg langsung nunggu foto dan bayar uang yang bisa 2x lipatnya...

semoga untun thun ini ga ada yg sperti itu!!!


Dukung good governance
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: admin pozone pada April 20, 2008, 08:26:04 pm
Itu biasanya titip,pake jasa Silup yang kenal...
Paling di kasih 25rb.
Kalo saya dulu pake kenalan temen Polisi,tp ga pake pelicin.
Cuman diarahkan tempat2nya.
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada April 21, 2008, 03:10:28 pm
pengalaman aku pas perpanjangan SIM.
gak pkae test la cuman perpanjangan.... :hehe: :hehe:

yang busta baru kayaknya dipersulit, saya ngobrol ma peserta yang mau bikin baru merasa susah lulusnya kalo cuman ikut test aja, emang petugasnya gak mau disulap langsung tapi lewat cara lain.Yaitu....
ada peserta yang begitu tes lancar terus , sehari lulus dan SIM jadi , saya tanya rahasianya : bawa surat keterangan lulus dari kursus stir  >:p
kalo dah mengantongi ini percaya deh urusan beres, meskipun ntar di polres diuji juga tapi tetep lulus, ya kayak formalitas.meskipun u nabrak palangnya semua  :hehe: :hehe: :hehe: :hehe:... lulus..
cumlaude malah  :grimace:

Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: MissNotty pada Mei 01, 2008, 08:16:04 pm
Pantesan banyak kecelakaan di jalan..lah test nabrak nabrak aja dilulusin ck..ck..ck...
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Mei 03, 2008, 11:20:55 am
Pantesan banyak kecelakaan di jalan..lah test nabrak nabrak aja dilulusin ck..ck..ck...

la disinilah pintarnya petugas kita  :hehe: :hehe:
kalo dikomplain kan mereka bisa menyalahkan lembaga kursusnya kenapa diluluskan -  dibuktikan dengan surat keterangan lulus mengemudi
tanya kenapa  :-/ :-/ :-/
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: MissNotty pada Mei 06, 2008, 05:04:12 pm
Nah berarti memang harus diurai lagi dari awal....bener bener sudah lingkaran setan.

bener bener mengkhawatirkan
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: admin pozone pada Mei 07, 2008, 12:17:30 am
Kok pada ribut sama pembuatan SIM, Guna SIM sendiri apaan sie?
Biar aman dr kcelakaan?
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: ScapeXxX pada Mei 09, 2008, 09:57:01 am
aku umur 16 kih iso gawe sim ga' mas??

aku puengen jane.... :hehe:
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: deztog pada Mei 10, 2008, 05:57:55 am
byuh byuh....aku sing kudune wes nggae wae durung koq..

mergo sik aras2 en..tur kurange sosoalisai ko pihak yang terkait...

sak jane yo wes ngrasakne rugine gk dwe SIM...

beberapa hari yang lalu sempet ken razia pak pulici..

kena dweh..20 ribeng..itupun boleh ngutang.... :shame:
Judul: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: azolacrew pada Mei 21, 2008, 05:04:59 pm
azolacrew(21/5/08) Tuk sahabat PoZoner yang berbahagia, ini aku tulis sedikit pengalamanku memperpanjang SIM C di Polres Ponorogo.

Perpanjangan SIM C persyaratannya :
1. Membawa Sim C lama ( jangan sampai kadaluarsa. bila kadaluarsa harus ikut ujian dulu)
2. Membawa KTP
3. Pas Foto 4x6 2 lembar berwarna
4. Sediakan uang Rp. 76.000,-
5. Sediakan waktu luang sekitar 3 jam

Perjalanan Dimulai :
1. Datang ke Polres bagian SIM. Parkir motor jangan lupa bayar 1000. trus langsung aja
    Foto Copy Sim C lama dan KTP
    ( Bayar 5 ribu dapat foto copyan 2 lembar + Stopmap + Dompet SIM )
2. Masukkan berkas ke stopmap (Sim C lama + 2 lembar foto copyan )
    Jangan lupa KTP dan Dompet Sim, aman kan di saku anda
3. Menuju Bagian cek Kesehatan disebelah utara itu. Serahkan 1 lembar foto copyan
    Antrilah menunggu panggilan untuk di cek tensi darah, karena banyak antri aku dak di
    cek tapi cuma di tanya tinggi badan ama berat badan trus bayar 10 ribu.
4. Menuju ke loket BRI serahkan berkas dari cek kesehatan
    Antrilah menunggu panggilan untuk membayar 60 ribu
5. Menuju ke loket I serahkan semua berkas. trus di kasih formulir ( isinen jo lali
    wolak walik )
6. Kembalikan formulir ke loket I (serahno kabeh berkas e)
7. Menuju Sidik Jari. Serahkan 2 lembar pas foto, trus di kasih 2 formulir lagi ( isinen )
8. Kembali ke sidik jari. serahkan formulir untuk di cap sidik jari. selesai jo lali di resik i.
    mergo 10 jari kena tinta kabeh.
9. Menunggu panggilan foto di Loket II
    Nah bagian inilah yang paling menyenangkan, biar banyak orang bilang pekerjaan
    menunggu itu membosankan hehhee
    Tip : Cari kursi tunggu yang enak, klo bisa yang deket cewek cantik...hehheee disinilah
           tempat ngobrol paling AMAN, sebab kiri kanan depan belakang ada Pak Polisi
10. Ada panggilan dari Loket II langsung menuju ruang Foto ( ruang foto ada di
     belakang loket II)
     Tip : Ojo kebablasen lek ngobrol, mengko ora krungu panggilan.....hahahaaa
11. Antrilah di rung foto menunggu giliran sambil merapikan diri ( ada cermin besar tuh
     hehehe......... biar ganteng boy)
12. Selesai foto kembalilah ke ruang tunggu menanti panggilan pengambilan SIM.
      nah lhooo....bisa ngobrol lagi ama ceweknya.... hahhaaa
13. Ambil Sim anda jangan lupa menanyakan no hp cewek yang telah menemani u selama
      sekitar 3 jam. sapa tau bisa diajak main layangan di alon alon hehheee......  :love:

Finish........... :Clink:
Seperti itu Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C semoga ada manfaatnya bagi sahabat PoZoner.
wassalam
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: azolacrew pada Mei 21, 2008, 07:04:12 pm
ScapeXxX : aku umur 16 kih iso gawe sim ga' mas??

Bisa aja kok....sekarang umur termuda pengajuan sim 16 tahun. Katanya Pak Purwadi (Polisi Bag. SIM )
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: taro pada Mei 29, 2008, 11:53:26 am
sep bagus da step stepnya,
cuman untuk langkah 1,
bukankah fotocopy KTP dan SIM lama bisa dimana saja? yg penting fotocopy dna biaya yg timbul bisa di tekan --- mahal banget cuman fotocopy KTP ma SIM dan stopmamp, dompet sim C sampai Rp. 5000

Cerita soal Dompet SIM --ini adalah optional, bukan keharusan termasuk asuransi diliuar asuransi wajib Jasa Raharja .
Ada di papan pnegumuman gede di deket loket I yang di tanda tangani pak KAPLODA JATIM.

Nah, dulu pas aku ngurus perpanjangan SIM -thn kemrin 2007 - dompet dikasihan sewaktu ambil SIM, jadi abis photo, petugasnya langsung bilang 3000 rupiah wo... pa lagi nih.
saat saya tanya buat dompet SIM, langsung dah ingat pesannya pak Kapolda tadi bahwa biaya diluar yang tercantum di papan itu adalah bukan kewajiban dan karena bukan kewajiban dalam proses pegurusan SIM kenpaa saya harus bayar dompet SIM?

bukankkah kita sudha biasa menaruh SIM di dompet kita, ini kok dompet dalam dompet.Berhubung aku gak suka ada dompet dlm dompet maka aku tolak "pemberian" petugas tadi, mubazir gitu, yang tentu saja di sambut senyum masam sang petugas sambil berbisik bisik .....


Nah kok sekarang dibalik, Dompet SIM di kasihkan di depan? whats wrong guys ?

bagi orang awam akan menganngap ini adalah keharusan dan termasuk dlm proses pengurusan SIM .

jadi, ........................

tuh pengalamanku, stop pembodohan

Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: azolacrew pada Mei 29, 2008, 03:18:26 pm
eh ehhh....betul kang Taro
aku dari awal juga ada rencana foto copy di luar aja. tapi ternyata pas aku tanya di loket informasi suruh baca tempelan di depan loket untuk persyaratannya. salah satunya di masukkan ke stopmap sesuai dengan golongan sim nya. dan kenyataannya map itu cuman di jual foto copy situ. ( coba deh klo ada waktu di lihat lagi di depan loket I   :D  mungkin aku salah baca)
 :D  :D emang aneh kang yo.....!
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: taro pada Mei 29, 2008, 05:18:04 pm
memang bener stopmampnya di situ, tapi kalo kita bawa map sendiri asal warnanya sama keknya gak masalah

aku dulu gak bawa map trus pas di BRI bayar uangnya di tawarin map seharga 1000 rupiah ya sudah aku bilang gpp,
nah kalo fotocopy diluar kan bisa beli map saja di situ?
kenapa kok harus satu paket dengan potocopynya?
tanya kenapa.... :-/ :-/ :-/ :-/ :-/
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: azolacrew pada Mei 31, 2008, 12:59:54 pm
hahahaa..........lek ra ngunu ora oleh duit kang.
klo bisa mendatangkan duit ngapain tidak.......... :D
kalau bisa dipersulit............ngapain dipermudah
ngapain bete....
kenyataannya ngono sing tak alami...........model map yo bedo.......trus ono tulisane sesuai dengan golongan sim..............sic C sim A sim AC dan sim sim salabim.................. :D
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: GunDHOL pada Mei 31, 2008, 08:48:52 pm
lek sim lama ne hilang gimana ya???
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: azolacrew pada Juni 02, 2008, 11:40:43 am
ya mesti cari surat kehilangan........hehhee......karena dak mungkin bikin baru karena data kita udah ada dikomputer
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: SD_PMG_PRADJA pada Juni 02, 2008, 11:57:02 am
misale komputer e kena virus .... terus datanya hilang giman bisa dunk buat lagi  :D :D :D :D :stop:
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: imut pada Juni 02, 2008, 12:21:31 pm
Ini info dari Imut buat Pozoner semua. Kita semua kan udah pada tau kalo buat SKCK tu gratis tis. Tapi Pozoner musti tetep bawa uang. Soalnya apa? waktu ngambil SKCK sodara2 pasti ditarik uang "jasa". NAh uang jasa itu menurut Imut ilegal karena diluar dah ditulis GRATIS. Sebelnya kalo yang buat SKCK orang2 yang mo TKI di dahuluin soale bayar 25ribu  >:p. KAlo kita2 ditarik "seikhlasnya". Yach begitulah sodara2 
Judul: Re: Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C
Ditulis oleh: blo_b1 pada Juni 02, 2008, 03:18:54 pm
hhhmmmmmmmmm............... :stop: :stop:
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: mario pada September 14, 2008, 06:01:41 pm
aku umur 16 kih iso gawe sim ga' mas??

aku puengen jane.... :hehe:

mas2 sampean seng nyebut..
umur wis 61 ngaku 16
hehehehheee...
kemaren ketemu aku wes brengosen...

untuk urusan SIM sekarang ga ada yang murni...
barusan kemaren aku buat SIM C
aku nanya kesana kesini...
trus aku cari kenalanku POLISI..
Dia bilang sekarang ga boleh TITIP...
trus aku cari lagi kenalan yang lain..
pada akhirnya...
ada seorang petugas bilang..
kalau nitip ga boleh mas..
tapi kalau....../....... boleh
dan setelah itu aku banyak tau tentang cari SIM lewat jalur belakang..
kata petugas yang mau membantu...
dia bilang.. (kasian mas)..
ya semua tergantung kita yang menilainya...
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: ScapeXxX pada September 15, 2008, 12:03:44 am
Kutip
mas2 sampean seng nyebut..
umur wis 61 ngaku 16
hehehehheee...
kemaren ketemu aku wes brengosen...

Wakakakakaka........kuwi paling mbahku mas...,soal'e mirip karo aku
gek brengose mesti mbentuk bledek[petir]... :D :D :D :D


Mmm....wah berarti mas mario dari rumah sudah persiapan banyak dunk ya...
Jalur Belakang kantor polisi kan Tembok besar...
berarti mas Mario di rumah udah bawa Sekop, Palu, dll....
Trus dah da Petugas yang rela membantu lagi...

kudu telaten lho ngene kih....
(http://www.myem0.com/upload/icon/rabbit/RABBIT054.GIF)
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: admin pozone pada Oktober 22, 2009, 07:50:40 am
ini topik yang bagus.... ayo segera buat SIM!!!!

azolacrew(21/5/08) Tuk sahabat PoZoner yang berbahagia, ini aku tulis sedikit pengalamanku memperpanjang SIM C di Polres Ponorogo.

Perpanjangan SIM C persyaratannya :
1. Membawa Sim C lama ( jangan sampai kadaluarsa. bila kadaluarsa harus ikut ujian dulu)
2. Membawa KTP
3. Pas Foto 4x6 2 lembar berwarna
4. Sediakan uang Rp. 76.000,-
5. Sediakan waktu luang sekitar 3 jam

Perjalanan Dimulai :
1. Datang ke Polres bagian SIM. Parkir motor jangan lupa bayar 1000. trus langsung aja
    Foto Copy Sim C lama dan KTP
    ( Bayar 5 ribu dapat foto copyan 2 lembar + Stopmap + Dompet SIM )
2. Masukkan berkas ke stopmap (Sim C lama + 2 lembar foto copyan )
    Jangan lupa KTP dan Dompet Sim, aman kan di saku anda
3. Menuju Bagian cek Kesehatan disebelah utara itu. Serahkan 1 lembar foto copyan
    Antrilah menunggu panggilan untuk di cek tensi darah, karena banyak antri aku dak di
    cek tapi cuma di tanya tinggi badan ama berat badan trus bayar 10 ribu.
4. Menuju ke loket BRI serahkan berkas dari cek kesehatan
    Antrilah menunggu panggilan untuk membayar 60 ribu
5. Menuju ke loket I serahkan semua berkas. trus di kasih formulir ( isinen jo lali
    wolak walik )
6. Kembalikan formulir ke loket I (serahno kabeh berkas e)
7. Menuju Sidik Jari. Serahkan 2 lembar pas foto, trus di kasih 2 formulir lagi ( isinen )
8. Kembali ke sidik jari. serahkan formulir untuk di cap sidik jari. selesai jo lali di resik i.
    mergo 10 jari kena tinta kabeh.
9. Menunggu panggilan foto di Loket II
    Nah bagian inilah yang paling menyenangkan, biar banyak orang bilang pekerjaan
    menunggu itu membosankan hehhee
    Tip : Cari kursi tunggu yang enak, klo bisa yang deket cewek cantik...hehheee disinilah
           tempat ngobrol paling AMAN, sebab kiri kanan depan belakang ada Pak Polisi
10. Ada panggilan dari Loket II langsung menuju ruang Foto ( ruang foto ada di
     belakang loket II)
     Tip : Ojo kebablasen lek ngobrol, mengko ora krungu panggilan.....hahahaaa
11. Antrilah di rung foto menunggu giliran sambil merapikan diri ( ada cermin besar tuh
     hehehe......... biar ganteng boy)
12. Selesai foto kembalilah ke ruang tunggu menanti panggilan pengambilan SIM.
      nah lhooo....bisa ngobrol lagi ama ceweknya.... hahhaaa
13. Ambil Sim anda jangan lupa menanyakan no hp cewek yang telah menemani u selama
      sekitar 3 jam. sapa tau bisa diajak main layangan di alon alon hehheee......  :love:

Finish........... :Clink:
Seperti itu Liku-liku laki-laki memperpanjang SIM C semoga ada manfaatnya bagi sahabat PoZoner.
wassalam
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Desember 08, 2009, 10:28:59 am
kemarin pas mudik hari sbatu aku mau mutasi SIM
sayangnya jam 10:30 semua loket sudah di tutup

bagi yang berkenan bantu tolong tanyakan syarat syarat dan biaya untuk Mutasi SIM

dari papan pengumuman aku baca :
1. Copy KTP
2. copy SIM + Asli
3. Surat Pernyataan Bermaterai

untuk point no. 3 surat sudah disediakan dan kita tinggal mengisinya atau kita yang membuat sendiri.
Jika buat sendiri, tolong minta contohnya juga ya atau paling tidak intinya surat tersebut aja.
suwun
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Maret 15, 2010, 01:40:11 pm
Kutip
7. Menuju Sidik Jari. Serahkan 2 lembar pas foto, trus di kasih 2 formulir lagi ( isinen )
8. Kembali ke sidik jari. serahkan formulir untuk di cap sidik jari. selesai jo lali di resik i.
    mergo 10 jari kena tinta kabeh.
Saya ralat mas,
sekarang dah modern :D jadi sidik jari diambill pas akan di foto.
Jempol di taruh dimesin scanner baru di foto. gak bakal belepotan  :OO:
tunggu 5 menit dah jadi ...

kemarin tgl 6 Maret 2010 urus mutasi SIM Keluar sama antar ponakan perpanjangan SIM.

dari aturan yang aku baca point-pointnya :
1. tes kesehatan tdk harus di situ, soalnya tidak ditunjuk jaid boleh pakai tes kesehatan di luar kompleks Polres biar aman cari dokter pemerintah aja ;Puskesmas atau RSUD.
yg kemarin tes kesehatan di depan Pintu masuk utama Polres, poliklinik.. maaf lupa namanya. Terima tes kesehatan, khitan dan pengobatan umum.
antri sekitar 15 menit bayar Rp. 15.000
2. Menuju polres lagi ke bagian SIM loket 1 vmenyerahkan berkas ( FC KTP+SIM lama+Surat Sehat) dimasukkan dlm Map biru untuk SIM C
tunggu panggilan di loket BRI
3. Bayar di loket BRI , Permohonan Baru Rp. 75.000 perpanjangan Rp. 60.000 == yang lama tuh antri di loket ini bisa 30 menitan,
4. pindah ke loket II menyerahkan berkas tadi yg dilengkapi bukti pembayaran di BRI, dapet formulir isi dengan lengkap.serahkan lagi nunggu panggilan photo ( 15 menitan)
5. Menuju ruang Photo lokasi paling pojok disini ruang tunggu paling asyik adem, ada TV biar krmin gak dinyalain .. :D sekitar 5 menit
setelah photo tunggu bentar dah jadi kemairn gak sampai 3 menit dah jadi


Yang ini prosedur Mutasi SIM Keluar
photocopy KTP + SIM masing2 2 lembar sama materai 6ooo 1 buah.
langsung serahkan ke loket III ( kalo gak salah) bagian Mutasi SIM tulisan di kaca. kaish ke petugasnya tunggu 3 hari lagi.
pas ngambil bayar Rp. 20.000 - no kuitansi gak tahu buat apa, itung2 buat gantiin dia bikinkan surat pernyataan dah :D

Prosedur Mutasi SIM Masuk.
setelah berkas jadi aku proses di Polwiltabes Kota Semarang.
Proses sama dgn di Ponorogo - Perpanjangan.
Tes kesehatan - -di sini nilainya 2x lipat di Ponorogo :D
Semua berkas di tambah surat sehat dimasukkan loket 1 di cek trus dikasih pengantar bayar Rp. 20.000 - no kuitansi.krn kaishan ya aku kasih malas debat.
ke loket BRI bayar Rp. 60.000, langsung gak pake antri...
pindha ke loket dismapingnya ambil formulir isi trus dikembalikan ke loket sebelahnya lagi bagian pengembalian formulir.
setelah di cek sekitar 5 menit panggilan Photo
photo 5 menit jadi
pas ambil SIM 2ribu pak
buat apa?
sarung SIM
gak usah pak , saya gak pake
ok termakasih...
pergi bayar parkir Rp. 1000.

 :H: :H:

Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: suro menggolo pada Maret 16, 2010, 01:38:55 am
nek nyabung sim wonge gak teko iso pora kang, nek iso piye carane ???
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: admin pozone pada Maret 16, 2010, 07:05:12 pm
nek nyabung sim wonge gak teko iso pora kang, nek iso piye carane ???


kayaknya ga bisa kang.
masalahe kan kudu poto sik, gawe anyari SIM e...
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: takecy pada Maret 17, 2010, 07:40:34 pm
aq dari jawa tengah...sekedar tanya aja....

disni buat SIM berapa...??? ditempatku 300rb...

tapi tu semua dah clear.... tinggal photo tok...
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Maret 18, 2010, 11:32:08 am
aq dari jawa tengah...sekedar tanya aja....

disni buat SIM berapa...??? ditempatku 300rb...

tapi tu semua dah clear.... tinggal photo tok...
pada dasarnya biaya pembuatan SIM sama di seluruh wilayah Indonesia
ada di papan pengumuman di dekat loket Polres Ponorogo peraturan pemerintah soal tarif tersebut.

untuk contoh SIM C
Biaya baru RP. 75.000
Perpanjangan Rp. 60.000
diluar itu biaya tes kesehatan, parkir, dll

300 mahal mas, kecuali sam[ean gak ada waktu dan ada uang lebih
buat saya sesuai aturan aja  sekarang sudah jaiuh lebih bagus untuk proses pembuatan SIM
tidak sulit dan dipersulit lagi kek jaman beheula
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: neo pada Maret 18, 2010, 12:42:41 pm
makane bro.... penak nitip Pak Taro wae :D dijamin murah meriah + beressss
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: takecy pada Maret 19, 2010, 06:12:39 am

300 mahal mas, kecuali sam[ean gak ada waktu dan ada uang lebih
buat saya sesuai aturan aja  sekarang sudah jaiuh lebih bagus untuk proses pembuatan SIM
tidak sulit dan dipersulit lagi kek jaman beheula


wah jane ya gak da yang namane uang lebih, kurang ada..... :hehehe:  :hehehe:
itu saya ya kesana, nunggu, pengarahan, ma photo doang, tanpa tes...  :S:
itu bukan saya tok, tapi semuanya, yang mau bwt SIM, ya tu prosedurnya + biayanya....

makane bro.... penak nitip Pak Taro wae :D dijamin murah meriah + beressss

jane yo ngono oms, tapi ngko dadine SIM jawatimur.... repot no.... :OO:

Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: admin pozone pada Maret 19, 2010, 08:10:13 am
Kutip
makane bro.... penak nitip Pak Taro wae :D dijamin murah meriah + beressss

jane yo ngono oms, tapi ngko dadine SIM jawatimur.... repot no.... :OO:



lha katanya mau jadi warga negara Ponorogo???


Buat SIM sekarang cukup mudah.
tak perlu ribet kayak dulu.

Emang sih, sekarang ada test yang mengharuskan untuk lolos, tapi memang itu yang diperlukan untuk keselamatan berkendara kelak.

Oiya, hati-hati dengan CALO SIM!!! Di loket pengurusan SIM, banyak!!!
Mereka biasanya memburu para pembuat atau memperpanjang SIM, yang belum memahami prosedur.
Beberapa waktu yang lalu, saya menjumpai bapak-bapak usia 50 tahunan yang merasa telah ditipu oleh seseorang dalam memperpanjang SIM. Seharusnya kalau ngurus sendiri habisnya sekitar Rp. 60.000,00 ketemu dengan CALON SIM, dapat harga Rp. 110.000,00

Jadi kalau masih belum tahu dan bingung, mendingan tanya langsung ke LOKET PEMBAYARAN!!
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Maret 22, 2010, 03:30:42 pm
kalo tanya saja kurang Pardi,
soalnya jawaban yg disampaikan terkesan singkat dan judes gak ramah
jadi selain tanya ke loket baca juga di papan pengumuman.

yang mau minta bantuan saya di uruskan SIMnya tungu lebaran aja ... pas mudik  :hehehe: :hehehe:
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: gaplek pada Maret 22, 2010, 06:42:46 pm
Perpanjang SIM C 76.000 Kang????  -))

terakhir aku liat 60.000...
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: takecy pada Maret 22, 2010, 09:58:51 pm
Perpanjang SIM C 76.000 Kang????  -))
terakhir aku liat 60.000...

 :))) :OO: kasian kang....

ditempatku [jateng] dulu pas aq buat SIM, perpanjang 100rb. gak tau sekarang....
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: Adhi_Marlo pada Maret 24, 2010, 04:51:23 am
aku gg lu2s glek SIM kisana :A: :A: :A: :A:

 geg pas arep glek neh peraturan.ne wis ganti.. lah halahhh :O: :O: :O:
Judul: Re: Pelayanan pembuatan & perpanjangan SIM
Ditulis oleh: taro pada Maret 24, 2010, 02:19:23 pm
Perpanjang SIM C 76.000 Kang????  -))

terakhir aku liat 60.000...

perpanjangan SIM BRI Rp. 60.000
Tes Kesehatab Rp. 15.000
Parkir Rp. 1000
total Rp. 76.000