* Broadcastindo.com

Custom Search
Penyedia Layanan Hosting dan Domain Ponorogo

Komunitas Online Terbesar di Ponorogo

Penulis Topik: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???  (Dibaca 10733 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline admin pozone

  • Administrator
  • *****
  • Tulisan: 52
  • Reputation: +28/-3
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hidup adalah kebersamaan!!!
    • Liat koleksi Photography ku.
Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« pada: Agustus 30, 2009, 05:00:22 am »
Yeahhhhhhhhhhhhhhhhhhhh....!!!!
Berapa tarif parkir di daerah sekitar anda???

Sore kemarin saya mampir di sebuah tempat yang kebetulan ada sinyal Wifinya, suasana di sekitar tempat itu memang sedang ramai dengan kunjungan warga sekitar dalam menikmati akhir pekan. Patung macan berjumlah 8 pasti menyambut anda di lokasi tersebut, pancaran lampu sorot menambah megah patung macan dari dekat.

Saya datang sekitar jam 20.00 WIB, ketika sampai di tempat saya langsung di sapa oleh seorang berpawakan besar dan sangar. Ternyata dia adalah petugas yang mengatur ketertiban kendaraan motor di lokasi depan patung macan. Sepertinya dia tidak sedirian, apalagi luas area parkir sekitar 50 meter plus malam minggu pisan... wah pasti ruame banget.
Nah, ketika motor saya mulai memarkirkan diri, tiba-tiba sang tukang parkir meminta bayaran sebesar 2000 rupiah. Biaya parkir yang biasanya saya kira cuman 500 ato 1000, ditempat ini biaya parkir berlipat hampir 200%.

"Wah, kok mahal mas??? bukannya hanya seribu rupiah???" tanya saya...
"................................" diem saja sang tukang parkir itu.

Ketika saya sudah mengeluarkan uang 2000, saya mendapat sebuah kertas kecil dan bernomor. Ooo, ini sebagai gantinya biaya tersebut sekaligus jaminan kalau motornya ilang. hehehhee...
Sampai sekarang saya masih bingung dengan penetapan tarif parkir tersebut. Kok bisa sampai begitu yak??? harusnya kalau standar parkir motor biaya yang dibutuhkan hanya 500 rupiah. kok disana mahal banget yak??? aneh sungguh aneh.
saya pun langsung memberikan perhitungan dan menganalisa jumlah pendapatan seorang tukang parkir tersebut.

Setiap motor dikenakan biaya RP. 2000,00 /parkir
Gambaran kasar yang parkir sejumlah 100-300 motor /malam.
Biaya x jumlah motor = Omset sehari
Rp. 2000,00 x 100 motor = Rp. 200.000
Rp. 2000,00 x 200 motor = Rp. 400.000
Rp. 2000,00 x 300 motor = Rp. 600.000
Perhari pendapatan mencapai jumlah di atas.

Penghitungan belum selesai, bila pendapatan sehari dikalikan dalam waktu sebulan...
Rp. 200.000,00 x 30 hari = Rp. 6.000.000,00
Rp. 400.000,00 x 30 hari = Rp. 12.000.000,00
Rp. 600.000,00 x 30 hari = Rp. 18.000.000,00
WOWWW........ luar biasa....

Pendapatan dari seorang juru parkir bisa menngalahkan gaji seorang Pegawai Negeri setinggkat Kepala Dinas.
Fenomena yang cukup menajubkan.

Setelah cukup untuk menganalisa jumlah pendapatan seorang juru parkir di atas, saya pun mencari informasi ke teman-teman yang lain. Ada seorang teman yang pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan hubungannya samajuru parkir di salah satu gedung di Ponorogo. Waktu itu, teman saya mendapat kesempatan mengisi acara sebagai band bintang tamu dalam acara olahraga. Waktu memasuki pagar pintu masuk, dia kaget... kok harus bayar?? padahal saya kan bintang tamu..?? jawab dia ke juru parkir.
Tak kalah dengan calon mangsanya, diapun membalas " lha yang njaga motor kamu nanti sapa??" dengan nada kasar.

Wah, akhirnya teman saya itu pun masuk dengan terpaksa membayar sejumlah 2000 rupiah juga......

Ternyata kejadiannya tidak jauh beda dengan kisah saya dengan juru parkir.
Pertanyaan saya,
Adakah biaya parkir yang di tetapkan oleh pemerintah setempat dalam hal parkir???
Apakah tukang parkir tersebut harus menyetorkan hasil parkir ke dinas terkait???


Dan masih banyak pertanyaan yang ada dalam benak saya, semoga ada sedikit pencerahan dari sebagian POzoners sekalian.....



Offline caxunk's

  • CHELSEA 4 Ever
  • Special Member
  • *****
  • Tulisan: 1,468
  • Reputation: +4/-1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ?????????????
    • cakung::official websites::.
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #1 pada: Agustus 30, 2009, 11:28:10 am »
buju buneng....18jta

weh..iso ngge tuku satria f kuwi pak >.< :hammer:


klo aQ dhewe biasane pling poll parkir mung 500 pak, kek di BCA, Es Teler Jaksa Agung, sama Tempat2 yng disana di jadiin tempat mangkal jukir, max cman ditarik 500....kadang malah kgk byr..bilang kgk ada uang kecil...biasanya dibiarin aj

tpi klo dah taripnya jdi 2000rb/motor, wah kebangetan tuh >.<

tiap hari jukirnya bsa makan terus tuh >.<

lokasi parkire ndhi tho pak??

Offline secondcomp

  • powered by Ubuntu - REOG Beta
  • Ketua RW
  • **
  • Tulisan: 987
  • Reputation: +13/-0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Distro Linux Ponorogo
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #2 pada: Agustus 30, 2009, 12:23:59 pm »
Memang betul pak Admin....

rata-rata tarif parkir di depan patung macan (depan paseban) dan sekitarnya adalah segitu.

Tapi yang lebih jelas :

Senin-Jum'at - sepeda motor Rp. 1000,-
                     mobil Rp. 2000,-

Sabtu dan Minggu
atau hari diluar itu (kalo ada even) - sepeda motor Rp. 2000,-
                                                    mobil Rp. 3000,-

Lebih parah lagi kalo pas Lebaran atau Lebaran Haji (saat sholat Idul fitri & Adha)
- sepeda motor Rp. 3000,-
- mobil Rp. 5000,-


Memang seperti ada Oknum di belakangnya yg membackingnya.
Setoran pun harus juga besar (karena berpeluang mendapat omzet besar).
Juga karena melibatkan banyak orang...Jadi mungkin mahal.
Ini data yg saya dapat tentang per PARKIR an di sekeliling aloon-aloon PONOROGO.

JUKIR Resmi : 20 orang
JUKIR Tidak resmi (alias nyawang tok) : 10 orang
Oknum backing: 3 orang

Juga dilandasi karena pernah kejadian hilang kendaraan di TKP tersebut sehingga Jukir dan kawan-kawan berani mengganti kehilangan tersebut.

Itu yang saya tahu dari mantan teman saya yg pernah jadi JUKIR disana.

Mohon maaf kalo keterangan saya mungkin tidak 100% benar.
Paling tidak mendekati 80% karena saya tahu dari hanya sekedar omongan saja. NO OFFENSE.

Komunitas Online Terbesar di Ponorogo

Offline caxunk's

  • CHELSEA 4 Ever
  • Special Member
  • *****
  • Tulisan: 1,468
  • Reputation: +4/-1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ?????????????
    • cakung::official websites::.
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #3 pada: Agustus 30, 2009, 12:37:56 pm »
wew, tpi klo diitung2, parkir 2000, terus motor ilang, tpi motor di ganti, ya gpp lah.. hehe

Offline admin pozone

  • Administrator
  • *****
  • Tulisan: 52
  • Reputation: +28/-3
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hidup adalah kebersamaan!!!
    • Liat koleksi Photography ku.
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #4 pada: Agustus 30, 2009, 01:21:45 pm »
ya, itu sekedar gambaran menurut pandangan saya. Tidak ada maksud apapun dalam setiap tulisan yang saya buat.

Baiklah, kalau memang ada motor yang hilang di depan gedung BCA atau Mandiri yang hanya mematok biaya 500 rupiah, apakah pihak jukir tidak akan menggantinya juga???

harusnya semua jukir memakai seragam parkir.
Bukan seragam santai.
Itu yang saya lihat dan  tidak ada maksud membuat sensasi.

Komunitas Online Terbesar di Ponorogo

Offline secondcomp

  • powered by Ubuntu - REOG Beta
  • Ketua RW
  • **
  • Tulisan: 987
  • Reputation: +13/-0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Distro Linux Ponorogo
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #5 pada: Agustus 30, 2009, 01:53:40 pm »
Kutip
ya, itu sekedar gambaran menurut pandangan saya. Tidak ada maksud apapun dalam setiap tulisan yang saya buat.

Baiklah, kalau memang ada motor yang hilang di depan gedung BCA atau Mandiri yang hanya mematok biaya 500 rupiah, apakah pihak jukir tidak akan menggantinya juga???

harusnya semua jukir memakai seragam parkir.
Bukan seragam santai.
Itu yang saya lihat dan  tidak ada maksud membuat sensasi.

Bentar pak Admin........Pernah dengar to kalo parkir di pinggir jalan itu kalo ada kehilangan pasti diganti ????

Tolong dikoreksi dulu......cek karcis parkir anda...:
" pasti ada tulisan : kunci dan amankan kendaraan bermotor anda. Apabila ada kehilangan kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan tersebut."
karcis ini hanya berupa bukti pajak dan restribusi pemkab.......no......"

Nah lo......

Saya juga tidak membela JUKIR sekitar aloon-aloon,.....
yang pasti selain jasa parkir mereka juga sebagai jasa penitipan.

Resiko "jasa pentipan" adalah apabila ada kehilangan mereka pasti tanggung jawab...dan itu harus. makanya saya bisa bilang begini....gitu lo pak Admin.  :hehehe:

Dan kalo di depan BCA dan Mandiri setahu saya ya bukan penitipan...itu hanya sekedar restribusi pendapatan daerah.
Jadi ada kehilangan ataupun rusak mereka (nglirik tk parkir) ya tidak bertanggung jawab.

Offline admin pozone

  • Administrator
  • *****
  • Tulisan: 52
  • Reputation: +28/-3
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hidup adalah kebersamaan!!!
    • Liat koleksi Photography ku.
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #6 pada: Agustus 30, 2009, 02:14:08 pm »
owh....
berarti kurang tepat pemikiran saya mengatakan juru parkir untuk di sekitaran patung macan??
saya kira disana itu tempat parkir, tenyata penitipan ya Om???


Offline erlina_ayu

  • Pasukan Bersenjata
  • ***
  • Tulisan: 25
  • Reputation: +0/-0
  • Jenis kelamin: Wanita
    • The Journey
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #7 pada: Agustus 31, 2009, 04:56:44 am »
Hehe...maaf ya...tapi saya kecewa berat sama tukang parkir di Ponorogo. Perbandingan sama yang ngasih karcis sama yang enggak adalah sedikit : buanyakkk....
Lucunya kalau kita minta karcis parkir, malah dikasih uang kembalian Rp. 500. maksute opo?!
Jadi sebenarnya udah bisa ditebak khan, itu uang parkir masuknya kemana??? Malu-malu dong...malu-malu dong...

Offline admin pozone

  • Administrator
  • *****
  • Tulisan: 52
  • Reputation: +28/-3
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hidup adalah kebersamaan!!!
    • Liat koleksi Photography ku.
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #8 pada: Agustus 31, 2009, 05:37:16 am »
@mbak erlina : kejadiannya itu dimana??? kok lucu juga... coba nanti tak kesana.

Komunitas Online Terbesar di Ponorogo

Offline nChez™

  • Administrator
  • *****
  • Tulisan: 1,772
  • Reputation: +10/-1
  • Jenis kelamin: Pria
  • PONOROGO ZONE
    • WYSIWYG
Re: Berapa standart tarif parkir di Ponorogo???
« Jawab #9 pada: Agustus 31, 2009, 07:28:47 am »
aku ga pernah dapet masalah sih sama jukir atau jutip, tapi pas baca tulisan2 diatas sempet kebayang kalo kasusnya begini gimana ya

ehm ehm..
Moehadi bertempat tinggal di pinggiran kota Ponorogo. Ada teman Moehadi yang berkata bahwa "patung singa di taman kota Ponorogo itu yang jantan 5 ekor, betinanya 3 ekor".
Moehadi berniat ke taman kota untuk memeriksa selangkangan patung singa dan memastikan kebenaran hal tersebut, dia genjot vespa butut-nya dari rumahnya menuju Ponorogo kota.

Sama seperti Si Pardi, dia ketemu jutip (juru titip) juga di depan paseban. Sampe di depan patung dia parkir motornya lalu nyelonong gitu aja, tapi baru 2 langkah berjalan tiba-tiba ada yang menghentikan langkah Moehadi..

Jutip : Mas, ##ngasih karcis## , bayar'e sak niki..
Moeh : Nopo pak niki? bayar nopo? ##bingung##
Jutip : Parkir mas
Moeh : Eh, parkir barang toh tibaknya, biasane aku tuku pecel nggone mbok Sum ora parkir2an og. Ora usah mas, aku mung arep ngitung kacuk'e patung iki.
Jutip : Suwe ga mas?
Moeh : Yo mbuh, aku ra pati iso itung-itung yok'e, hehehee..
Jutip : Lek suwe ojo di seleh kene motore
Moeh : Loh, lha nyapo mas, iki batur'e podo di parkir kene ki..
Jutip : Yo iki lahan parkirku, lek pingin di parkir kene rongewu sik nuuu..
Moeh : Oalaaahhh.. sampean sing duwe kene iki toh mas,, weh weh.. ketemu bupati tibaknya aku
Jutip : Aku dudu bupati pak, asem ki
Moeh : Lha da la,,, Lha kok aku ra oleh parkir kene, kene kan yo tamanku taman kita bersama, aku wong ponorogo, setia bayar pajek
Jutip : Ben aman pak ##dongkol##
Moeh : Lek aku yakin motorku aman tanpo di titipne piye mas?

....to be continue...

Komunitas Online Terbesar di Ponorogo